×
Manfaat Konseling dan Terapi Psikologis Pernikahan

Konseling dan Terapi Psikologis yang Cepat Dirasakan Perubahannya



Setiap pernikahan/perkawinan pasti ada ujian-ujian yang harus dilalui, baik dari pasangan maupun dari anak, beserta lingkungannya. Permasalahan-permasalahan psikologis yang datang dari pasangan antara lain kebosanan, kurang peka terhadap pasangan, komunikasi yang kurang terbuka, hingga adanya godaan dari orang ke tiga dan berujung pada perselingkuhan. Banyak kasus yang kami tangani, permasalahan dalam pernikahan dikarenakan kurangnya komunikasi antara suami dan istri, sehingga antara ssuami dan istri kurang ada dukungan secara psikologis. Jika pada saat kondisi seperti ini muncul orang ke tiga yang masuk, dan apalagi orang tersebut membuat nyaman salah satu pihak, maka perselingkuhan sangat mungkin terjadi. Kondisi seperti ini harus ditangani, konseling psikologi untuk mengurai akar permasalahan dan strategi yang efektif untuk mengambil keputusan terbaik perlu dilakukan, sehingga solusi terbaik dapat ditemukan. Sedapat mungkin perceraian tidak menjadi keputusan akhirnya, walaupun perceraian juga menjadi salah satu keputusan terbaik.

 

Di samping adanya orang ke tiga dalam perkawinan, adanya KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) juga menjadi permasalahan yang harus segera ditangani. KDRT tidak hanya meninggalkan luka fisik, namun yang justru awet dan jangka panjang serta berdampak luas adalah adanya luka batin. Luka batin ini kadang tidak cukup hanya diselesaikan dengan konseling, namun harus dibongkar ulang dan disembuhkan asal peristiwanya denga terapi yang efektif, cepat, dan langsung bisa dirasakan perubahannya pada saat selesainya proses terapi.

 

Permasalahan-permasalahan trauma pada masa kanak-kanak dan remaja juga banyak terjadi, baik sebelum pernikahan maupun saat pernikahan sudah berlangsung. Salah satu penyebab trauma yang paling banyak terjadi adalah adanya bullying pada masa anak-anak maupun remaja. Bullying bisa terjadi di dalam rumah (oleh orang tua maupun kakak), di sekolah (baik oleh guru, kakak kelas, maupun teman seangkatan), maupun  di lingkungan tempat tinggal. Korban bullying dapat mengalami banyak permasalahan psikologis, termasuk depresi dan trauma berkepanjangan. Jika trauma dialami oleh korban bullying, maka kondisi ini dapat berdampak luas ke berbagai aspek kehidupannya.

 

Tentu masih banyak permasalahan-permasalahan atau ujian-ujian yang terjadi di dalam kehidupan pernikahan, masalah non psikologis, seperti kondisi ekonomi juga dapat memicu permasalahan psikologis. Guna mengatasi permasalahan-permasalahan psikologis di keluarga, baik pada suami istri maupun anak-anak, membutuhkan konseling yang berfokus pada solusi, namun demikian konseling saja kadang tidak cukup untuk menangani kondisi emosi dan trauma-trauma yang dialami, sehingga membutuhkan terapi yang simple, cepat dan efektif. Di PT CWS, kami menerapkan Teknik terapi yang disebut CTC (Creative Trauma Cleansing), yang sudah terbukti efektif untuk menangani berbagai permasalahan psikologis dari anak, remaja hingga orang tua.

 

Untuk mendapatkan informasi tentang layanan konseling dan terapi psikologis dengan metide CTC (Creative Trauma Cleansing), silahkan kontak kami di 0858-6848-7936/0813-9270-2450.



atau